Tags

Fikom Unpad

Fikom Unpad

Dies Natalis ini merupakan peringatan hari jadi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran kini telah berusia 50 tahun, banyak sejarah dan cerita dibalik usia Fikom.

Tanggal 30 Mei 1960 merupakan hari dimana ide pendirian Fakultas Djurnalistik dan Publisistik dicetuskan oleh Mayjen Prof. Dr. R. Moestopo AZ, Palindih, Djamal Ali, SH., Azhari Sulaeman, S. Rochadi AK., dan Jacoby R. Roekomy. Dalam perjalanannya Fakultas Ilmu Komunikasi mengalami beberapa kali perubahan nama.

Pada awal berdirinya bernama Fakultas Publisistik, lalu kemudian berubah menjadi Fakultas Jurnalistik dan Publisistik. Pada tahun 1962 namanya menjadi Fakultas Publisistik dan Jurnalistik. Tahun berikutnya fakultas ini mengalami perubahan nama kembali menjadi Fakultas Publisistik, sedangkan pada tahun 1964 menjadi Institut Publisistik, dan sejak tahun 1980 hingga sekarang menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi.

Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki kurang lebih 2000 mahasiswa. Kampus kita tercinta sejak setahun terakhir ini terus bebenah diri, Fikom Unpad melakukan perbaikan diberbagai fasilitas yang ada. Ruang perkantoran jurusan kini menjadi lebih layak dengan penataan cukup baik, begitu pula masjid yang dimiliki kampus kita mendapat penataan kembali agar dapat menampung lebih banyak lagi jamaah yang selalu melakukan ibadah Sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah yang menjadi kebiasan baru yang sangat baik ini.

Belum lagi kantin yang selama ini terlalu sesak, kini memiliki tambahan kantin alternatif dengan hadirnya Kantin Taman Sari 21 yang berlokasi di gedung student center Fikom. Bahkan kehadiran Taman Sari 21 ini rupanya menjadi pilihan bagi warga kampus Unpad Jatinangor selain warga Fikom karena menunya yang cukup menarik juga kelayakan tempat yang memadai bukan hanya untuk mahasiswa juga sering digunakan untuk menjamu tamu-tamu Fakultas.

Warga Fikom ataupun tamu yang hadir di kampus saat ini akan disambut dengan pemandangan taman yang sangat asri, betapa tidak taman yang ada merupakan cerminan keinginan sivitas akademika Fikom Unpad akan kenyamanan, ketertiban serta pada gilirannya menghasilkan kinerja yang optimal. Taman ini merupakan dedikasi tim PD II yang kini secara rutin dan telaten dirawat oleh ibu-ibu dari Tim cleaning sevice dibawah pengawasan tangan dingin Pak Asep Gumelar agar tetap dijaga keasriannya.

Fikom memiliki potensi sumber daya manusia yang besar, sehingga harus dikelola dengan baik. Mengelola Fikom di masa yang akan datang adalah tantangan, dan diharapkan dapat ditata sesuai Rencana Strategis Unpad. Pada intinya, komitmen Unpad berpegang pada tiga hal, yaitu peningkatan kualitas layanan, kualitas fasilitas, dan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebutlah yang menjadi pedoman dalam memajukan kampus tercinta kita.

Pembangunan Fikom dilakukan dengan berorientasi kepada mahasiswa sebagai salah satu stakeholder yang paling penting. Tolok ukurnya adalah kepuasan mahasiswa. Selain itu, pelayanan komunikasi yang optimal terhadap mahasiswa juga menjadi hal yang sangat penting. Karena komunikasi tatap muka, selain menggunakan teknologi komunikasi, sangat penting untuk dapat meningkatkan kualitas manusiawi setiap mahasiswa.

Selain pembangunan yang sedang dilakukan, perlu dievaluasi apakah hasil proses belajar mengajar mahasiswa Fikom selama ini berjalan baik atau tidak, memuaskan atau tidak. Pertanyaan itu tidak melulu ditanyakan kepada mahasiswa namun juga kepada para user lulusan Fikom di dunia kerja. Karena sebuah institusi pendidikan yang kredibel, tentunya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas juga, kompeten, dan banyak diserap oleh dunia kerja. Dengan demikian, mengikuti trend di masyarakat dan menyesuaikan dalam kurikulum pendidikan juga penting.

Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad sebagai penyelenggara Program Studi Ilmu Komunkiasi terpilih sebagai salah satu fakultas yang berhasil meraih penghargaan sebagai Best Universities School of Communications. Penghargaan yang dianugerahkan oleh Majalah MIX Marketing Xtra (Swa Media Group) di Hotel Nikko, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Kamis 14 Januari 2010 lalu dalam rangkaian acara The First School Branding Conferences Creating Effective School Branding in Demanding Era.

Majalah MIX Marketing merupakan majalah segmented yang mengkhususkan diri dalam bidang marketing, selling, public relations, advertising, promotion, branding yang sering melakukan riset mengenai bidang-bidang tersebut untuk berbagai tujuan bidang industri. Penghargaan ini tentu saja membanggakan Fikom yang pada tahun ini genap berusia 50 tahun sebagai salah satu pembuktian akan pengakuan hasil kerja keras selama ini untuk membangun citra dan etos kerja yang lebih baik.

Selain itu penilaian ini pun merupakan motivasi bagi sivitas akademika Fikom khususnya dalam beraktivitas mengingat komponen evaluasi yang dilakukan cukup berbobot. Metodologi survei Indonesia Best Universities in Communications and Management 2009 itu dilakukan berdasarkan kriteria perguruan tinggi yang memiliki Program S-1 Komunikasidengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, yang tahun kadaluarsa akreditasi mulai 2009 dan setelahnya. Dari kriteria tersebut, terpilih 24 penyelenggara Program S-1 Komunikasi. Ada empat variabel persepsi yang diukur dari responden yaitu reputasi, kualitas lulusan, kesesuaian antara biaya dengan nilai/manfaat, serta kesetaraan dengan PT berkualitas di luar negeri.

Survei dilakukan kepada orang tua siswa dan siswa SMA kelas 3 di lima wilayah: DKI Jakarta, yaitu Jakarta Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Pusat, yang beminat terhadap jurusan komunikasi. Periode survei dilakukan pada tanggal 2-16 November 2009 dengan mengambil sample secara multistage random sampling sebesar 399 responden, dengan tingkat kesalahan sekitar 5% pada interval kepercayaan 95%. Pemeringkatan hasil survei dihitung berdasarkan pada indeks rata-rata keempat variabel persepsi tersebut.

Award yang diperoleh Fikom adalah salah satu bukti apresiasi masyarakat namun demikian perlu disadari pula penghargaan ini harus membuat Fikom lebih mawas diri karena ke depan persaingan akan semakin ketat. Lebih lanjut, award ini juga merupakan hadiah untuk hari jadi ke-50 tahun Fikom

Dengan bertambahnya Usia Fikom Unpad diharapkan perbaikan dan perbenahan yang dilakukan dapat bermanfaat bagi seluruh komponen yang ada di Fikom Unpad. Marilah kita bersama-sama mendukung dan saling membantu untuk tercapainya Fikom Unpad sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.