Tags

Romy Syaputra Duta Batik Jawa Barat 2011Duta Batik Jawa Barat 2011

             Puji dan Syukur saya ucapkan kepada Allah SWT atas berkah dan karunia-Nya Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 telah selesai dilaksanakan. Setelah melihat animo yang positif serta suksesnya Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2010 yang diadakan oleh Humas C 2007, kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 kembali diadakan.  Hal ini menujukkan bahwa kegiatan ini merupakan sarana yang efektif untuk lebih memperkenalkan batik Jawa Barat sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 dipercayakan dan diemban oleh Mahasiswa Kelas A Jurusan Ilmu Humas Fakultas Ilmu Komunikasi Univeritas Padjadjaran Angkatan 2008 sebagai salah satu prasyarat dalam menempuh mata kuliah Public Relations Event (PR Event).

            Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan ragam batik Jawa Barat, meningkatkan kepedulian masyarakat Jawa Barat terhadap batik Jawa Barat, mendukung program pemerintah Jawa Barat dalam usaha melestarikan Budaya lokal Jawa Barat, serta mewujudkan misi Unpad dalam membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia.

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Alhamdulillah Saya Romy Syaputra dipercaya teman-teman Humas A 2008 sebagai Project President Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, sungguh sebuah amanah dan kepercayaan yang sangat besar telah diberikan di pundak saya oleh teman-teman kelas. Sebagai Project President saya memiliki tanggung jawab penuh terkait segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kepanitiaan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Tak hanya tanggung jawab yang ada di pundak saya, saya juga bertindak sebagai decision maker utama dalam setiap situasi yang ada selama rangkaian Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 berjalan.

Selain tugas pokok itu saya juga memiliki tugas untuk melakukan pemetaan dan staffing di awal terbentuknya kepanitian, memaparkan dan menjelaskan jobdesk yang ada di kepanitiaan serta menjaga semangat dan mengayomi rekan-rekan kepanitiaan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Mengadakan rapat rutin untuk mengetahui perkembangan dan jalannya kepanitiaan serta mengevaluasi hingga memberikam saran pada setiap rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 juga menjadi tugas yang harus saya emban sebagai project president untuk tetap mengarahkan kepanitiaan berjalan sesuai dengan perencanaan.

Disamping itu saya juga memiliki tanggung jawab untuk tetap menjalin hubungan yang baik antara pihak-pihak yang terkait dengan penyelanggaran kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 antara lain dari pihak Jurusan Ilmu Humas, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Yayasan Batik Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, serta Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Dalam pelaksanaann kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 saya selalu berkordinasi dan mendengarkan kritikan dan masukan dari pihak-pihak terkait diatas, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saya dibantu oleh Siti Hanum H Ilmi yang saya percaya sebagai Vice President Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Saya dan Hanum menyepekati untuk membagi ranah kordinasi dan kewenangan, saya selaku Project President memiliki ranah External Relations sedangkan Hanum selaku Vice President memilik ranah Internal Relations. Sedangkan untuk meringankan fungsi controlling saya dan Hanum membagi peranan untuk melakukan controll terhadap jalannya kepanitiaan. Divisi marketing communication, public relations, publikasi, dokumentasi, dan logistik berada penuh di bawah controlling saya, sementara Hanum memiliki tanggung jawab untuk melakukan controll terhadap divisi media and promotion, acara, akomodasi, konsumsi dan danus.

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Setelah terbentuknya struktur kepanitiaan, kami langsung mencoba mengonsep dan memberikan ide-ide kreatif untuk semakin mensukseskan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Sempat bermunculan banyak ide menarik dan kreatif yang dilontarkan teman-teman Humas A 2008, semua ide tersebut akhirnya ditampung untuk dipertimbangkan secara seksama ide manakah yang akan direalisasikan. Setelah mengalami pembahasan secara seksama maka akhirnya terbentuklah konsepan Rangkaian Kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011.

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 tidak jauh berbeda dan banyak mengacu kepada konsep Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2010. Namun terdapat beberapa penambahan konsep dan konten kegiatan yang ditambahkan untuk semakin mensukseskan kegiatan ini. Seacara garis besar kegiatan ini meliputi 3 kegiatan yaitu Pemilihan Duta Batik Jawa Barat yang ditujukan untuk memilih duta yang akan menjadi mempromosikan Batik Jawa Barat.  Pameran Batik yang akan diisi oleh produsen batik dari Kabupaten/Kota penghasil batik di Jawa Barat dimana akan dilaksanakan pada saat Grand Final Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, serta Lifetime Achievement bagi perajin batik Jawa Barat yang merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian kami kepada orang-orang yang memiliki  kontribusi serta dedikasi yang tinggi bagi kemajuan batik Jawa Barat. Dalam hal ini Lifetime Achievement merupakan konsepan baru yang ada pada Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011.

Untuk Pemilihan Duta Batik Jawa Barat pada tahun ini kegiatan ini masih terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Roadshow, Pendaftaran, Interview, Focus Group Discussion, Technical Meeting, Photo Session, Karantina dan Grand Final. Konsepan Roadshow, Photo Session serta Karantina merupakan konten baru yang ditambahkan kedalam rangkaian kegiatan Pemiliahan Duta Batik Jawa Barat 2011.

Pada awalnya berjalannya kepanitaaan kordinasi dan transfer informasi merupakan permasalahan yang kami alami, sempat terjadi miss koordinasi serta ketimpangan informasi dalam kepanitiaan, namun hal ini menurut saya adalah sebuah kewajaran mengingat teman-teman di kepanitiaan masih dalam proses adaptasi serta penyesusaian kordinasi dan kondisi kepanitiaan.

Hal ini tidak membuat teman-teman di kepanitiaan patah semangat, kesalahan merupakan sebuah media pembelajaran bagi kami untuk terus berbenah dan tidak mengulanginya. Sedikit demi sedikit permasalahan tersebut dapat kami atasi dan membuahkan kekompokan yang terjalin diantara teman-teman kepanitiaan.

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Perjalanan kepanitiaan semakin lancar dengan adanya bimbingan dan masukan yang diberikan kakak-kakak Humas C 2007 dengan memberikan banyak pengetahuan dan pembelajaran dari pengalaman pelaksaaan kegiatan tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat memberikan kami gambaran untuk mengantisipasi hal-hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Saya mengucapkan terimakasih kepada kakak-kakak Humas C 2007 yang telah memberikan masukan serta bimbingan demi kelancaran kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Apa yang telah diberikan merupakan pembelajaran yang tak terlupakan dan tak ternilai harganya bagi kami.

Banyak tantangan dalam memimpin kepanitian Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, sulitnya menumbuhkan rasa tanggung jawab serta kebersamaan merupakan tantangan yang harus saya pecahkan sebagai project president. Menjaga semangat serta kedisiplinan teman-teman kepanitiaan merupakan tanggung jawab yang sangat sulit dalam memimpin. Menyatukan berbagai macam sifat dan karakteristik teman-teman kepanitiaan terus saya lakukan untuk semakin mengompakkan dan melancarkan jalannya kepanitiaan.  Namun kesabaran, kedewasaan serta rasa kebersamaan yang dimiliki teman-teman Humas A 2008 menghasilkan sebuah kekompakan yang membuat teman-teman semakin solid untuk memecahkan tantangan yang terdapat dalam kepanitiaan.

Setelah melalui masa-masa tersebut membuat saya sangat bangga berada di Humas A 2008, saya bangga memiliki teman-teman dengan talenta dan semangat yang membara. Terimakasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada seluruh teman-teman Humas A 2008 yang tergabung kedalam kepanitiaan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, untuk teman-teman di divisi Secretary yang selalu siap dalam menyediakan kebutuhan surat, proposal dan selalu siap menempuh alur birokrasi. Divisi finance yang dengan sabar selalu mengatur cash flow keuangan kepanitiaan. Divisi program yang bekerja keras menyusun dan mengatur jalannya seluruh rangkaian kegiatan, bagian talent yang sudah bekerja keras menghubungi dan mencari pengisi acara, bagian creative yang telah memberikan ide, konsep dan warna baru dalam Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, bagian exhibition yang telah bekerja keras mengundang pebatik untuk turut berpartisipasi mengisi stand pameran, bagian participant yang telah berhubungan dan menjadi penghubung kepanitiaan dan peserta. Divisi Marketing Communication yang telah bekerja keras mencari kebutuhan dana dengan mencari kerjasama dan sponsor dari berbagai pihak sehingga dapat menutupi kebutuhan kegiatan. Divisi Media and Promotions yang telah berhasil menjalin kerjasama dengan media partner yang telah membantu mempublikasikan kegiatan. Divisi Public Relations yang telah bekerja keras menjalin hubungan dengan pihak-pihak terkait serta membantu membentuk publisitas yang luar biasa. Divisi logistic yang telah membantu menyediakan seluruh kebutuhan logistik dalam seluruh rangkaian kegiatan. Divisi Food and Beverage yang telah bekerja keras memenuhi kebutuhan konsumsi panitia dalam seluruh rangkaian kegiatan. Divisi Publication yang telah membuat berbagai macam bentuk materi publikasi kepanitiaan. Divisi Documentation yang telah mendokumentasikan setiap rangkaian dan moment-moment penting dalam kepanitiaan. Divisi acomodation yang telah bekerja keras memenuhi kebutuhan transportasi, perizinan dan keamanan dalam seluruh rangkaian kegiatan.

Terimakasih sebesar-besarnya tak lupa saya ucapkan kepada dosen pembina mata kuliah Public Relations Event (PR Event) Ibu Lilis Puspitasari, S.Sos dan Bapak Syauqi Lukman S.Sos, M.SM yang telah membimbing dan memberikan saran yang membangun sehingga kami berhasil mewujudkan kegiatan yang luar biasa ini. Ucapan terimakasih juga tak lupa saya ucapkan kepada kepengurusan Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang telah memberi support terhadap kegiatan ini, Ketua Jurusan Ilmu Humas Fikom Unpad Bapak Suwandi Sumartias, M.Si yang telah mendukung serta membantu memberikan solusi untuk berbagai masalah yang kami hadapi, Pembantu Dekan I Bapak Dr. Atwar Bajari, Drs. M.Si yang telah memberikan masukan-masukan yang membuat acara berjalan lebih baik, Pembantu Dekan II Dra Sussane Dida, M.M yang telah mendukung kegiatan Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011. Pembantu Dekan III Drs Aceng Abdullah M.Si yang telah mendampingi kami untuk berhubungan dengan pihak rektorat. Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada kepanitiaan, Pembantu III Rektor Unpad Dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN yang telah memberikan masukan serta saran yang membangun dalam kegiatan ini, Rektor Unpad Prof. Dr. Ir Ganjar Kurnia, DEA yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjunjung tinggi nama baik Unpad dalam menjalankan kegiatan ini, Ketua Umum Yayasan Umum Batik Jawa Barat Ibu Sendy Yusuf, ST yang telah membimbing dan memberikan kami pengetahuan yang sangat besar mengenai kekayaan batik yang dimiliki Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat Yusuf M Effendi, ST yang telah memberikan dukungan dan masukan dalam suksesnya kegiatan ini, seluruh media pertner, sponsor, partnership, donatur serta pihak-pihak terkait yang mendukung serta membantu menyukseskan kegiatan ini.

Sekian sedikit goresan saya sebagai project president Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011, saya memohon maaf sedalam-dalamnya atas segara kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan ketika saya memimpin. Semoga dengan terselenggaranya Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 dapat memberikan manfaat dan pengalaman bagi berbagai pihak.

Hormat Saya,

Project President

Pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011

Standar terbaik untuk mengukur keberhasilan Anda dalam kehidupan adalah dengan menghitung jumlah orang yang telah Anda buat bahagia (Robert J.Lumsden)